RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Satuan Pendidikan : SMA / SMK
Mata Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke- :
Alokasi waktu :
x 45
menit
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya dengan mematuhi norma-norma bahasa Bali serta mensyukuri dan
mengapresiasi keberadaan bahasa dan sastra Bali sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan menunjukkan sikap pro-
aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
kehidupan sosial secara efektif dengan memiliki sikap positif terhadap bahasa dan sastra Bali serta mempromosikan penggunaan bahasa Bali dan mengapresiasi sastra Bali
KI 3 : Memahami , menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang bahasa dan sastra Bali serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian bahasa dan sastra yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks).
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak untuk mengembangkan ilmu bahasa dan
sastra Bali mandiri dengan
menggunakan metode ilmiah sesuai kaidah keilmuan terkait.
B.
Kompetensi Dasar
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa, aksara, dan sastra Daerah Bali dan menggunakannya
sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis
informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi,
prosedur kompleks, dan negosiasi.
2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam
menggunakan bahasa,
aksara dan sastra daerah Bali untuk membuat anekdot mengenai permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik
3.1
Memahami
struktur dan kaidah wacana lisan non sastra berbentuk pidato
dari berbagai media secara lisan maupun tulisan
4.1
Mengabsrtaksi isi wacana lisan
non sastra pidato berbahasa Bali yang
bertema sosial,lingkungan dan kebijakan publik
C. Indikator
1. Mensyukuri anugrah
Tuhan akan keberadaan bahasa, aksara dan sastra Bali dan menggunakannya sesuai
dengan struktur dan kaedah secara lisan maupun tertulis melalui teks pidato
2. Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan
santun dalam menggunakan bahasa, aksara, dan sastra Daerah Bali untuk
menyampaikan pidato informasi social, lingkungan, budaya dan kebijakan publik
3. Menjelaskan
pengertian pidato
4. Membahas isi
pokok kerangka pidato
5. Mengklasifikasikan
jenis-jenis pidato sesuai cara membawakannya
6. Mengklasifikasikan
tatikes berpidato
7. Mencari pesan
moral dalam pidato
8. Mempresentasikan
pidato dengan bahasa Bali
9. Membuat naskah
pidato berbahasa Bali dengan tema
lingkungan sosial, atau kebijakan publik.
D. Tujuan
Pembelajaran
1) Selama dan
setelah proses pembelajaran siswa dapat mensyukuri anugrah Tuhan akan
keberadaan bahasa, aksara dan sastra Bali dan menggunakannya sesuai dengan
struktur dan kaedah secara lisan maupun tertulis melalui teks pidato
2) Selama dan
setelah proses pembelajaran siswa dapat memiliki dan menunjukkan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan santun dalam
menggunakan bahasa, aksara, dan sastra Daerah Bali untuk menyampaikan pidato
informasi sosial, lingkungan, budaya dan kebijakan public
3) Setelah membaca dan
berdiskusi siswa mampu menjelaskan pengertian pidato.
4) Setelah membaca contoh dan
berdiskusi siswa dapat
mencari isi pokok dari setiap pembagian kerangka pidato.
5) Setelah membaca contoh dan
berdiskusi siswa dapat
mengidentifikasikan jenis-jenis cara menyampaikan pidato.
6) Setelah membaca dan
berdiskusi siswa mampu menglasifikasikan tatikes berpidato.
7) Setelah membaca dan
berdiskusi siswa mampu mencari pesan moral dalam pidato.
8) Siswa mampu mempresentasikan pidato berbahasa Bali
9) Setelah membaca dan berdiskusi siswa mampu membuat naskah pidato
berbahasa Bali bertema lingkungan social atau kebijakan public.
E.
Materi Pembelajaran
1. Struktur pidato Bali
2. Kaidah pidato Bali
3. Identifkasi pidato Bali.
4. Mebaca pidato Bali
5. Membuat naskah pidato Bali
F. Metode dan Model
Pembelajaran
·
Metode pembelajaran : diskus/ tanya jawab, penugasan
·
Model Pembelajaran : STAD
·
Media
Pembelajaran : Peta konsep pidato dan
Power point
G. Sumber
Belajar
1.
Buku Widia Sari X
2.
Lembar Kerja Siswa
3.
Buku Sor Singgih Basa
4.
Kamus Bahasa Bali
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Langkah-langkah
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
·
Peserta didik merespon salam guru dan menyiapkan
kondisi kelas yang optimal
dengan
penuh rasa syukur
· Peserta
didik merespon apersepsi guru dan menjawab pertanyaan
untuk mengetahui pengetahuan awal siswa
tentang materi yang akan diajarkan
·
Peserta didik merespon
informasi tentang tujuan
pembelajaran, dan
proses pembelajaran dengan
jujur, tanggung jawab,pro aktif dan santun.
· Peserta
didik membuat kelompok diskusi
|
10 menit
|
2
|
Kegiatan Inti:
|
55
menit
|
Mengamati:
·
Peserta didik mengamati bacaan teks
tentang struktur dan kaidah wacana
lisan non sastra berbentuk pidato dari berbagai media secara lisan maupun
tulisan sebagai wujud rasa syukur atas anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa, aksara, dan sastra Daerah Bali
dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan
suku Bali.
·
Peserta didik mencermati uraian
tentang struktur dan kaidah wacana
lisan non sastra berbentuk pidato dari berbagai media secara lisan maupun
tulisan sebagai
bentuk perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam
menggunakan bahasa, aksara, dan sastra Daerah Bali untuk menceritakan hasil
observasi
Menanya:
·
Peserta didik bertanya jawab
tentang hal-hal yang berhubungan dengan struktur
dan kaidah wacana lisan non sastra berbentuk pidato dari berbagai media
secara lisan maupun tulisan
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik mencari dari berbagai
sumber informasi materi tentang struktur dan kaidah wacana lisan non sastra
berbentuk pidato dari berbagai media secara lisan maupun tulisan
Mengasosiasikan:
·
Peserta didik mendiskusikan
tentang materi struktur
dan kaidah wacana lisan non sastra berbentuk pidato dari berbagai media secara
lisan maupun tulisan
·
Peserta didik menyimpulkan
hal-hal terpenting dalam struktur dan
kaidah wacana lisan non sastra berbentuk pidato dari berbagai media secara
lisan maupun tulisan
Mengkomunikasikan:
·
Peserta didik secara berklompok menuliskan
rangkuman tentang struktur dan kaidah
wacana lisan non sastra berbentuk pidato dari berbagai media secara lisan
maupun tulisan
·
Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok
di depan kelas,tentang struktur dan
kaidah wacana lisan non sastra berbentuk pidato dari berbagai media secara
lisan maupun tulisan
·
Pesreta didiklain
lain memberikan tanggapan tentang struktur
dan kaidah wacana lisan non sastra berbentuk pidato dari berbagai media
secara lisan maupun tulisan
·
Peserta didik
meringkas materi struktur dan
kaidah wacana lisan non sastra berbentuk pidato dari berbagai media secara
lisan maupun tulisan
|
||
3
|
Penutup
|
|
|
·
Peserta didik menyimpulkan hasil pembahasan dan guru memberi penguatan
·
Guru mengevaluasi dan merefleksi
kegiatan dan evaluasi yang sudah dilakukan
·
Peserta didik yang
terbaik mendapat reward dari guru
·
Peserta didik merespon
informasi tentang materi dan tugas yang akan diabahas pertemuan selanjutnya.
|
25 menit
|
I. Penilaian Proses
dan Hasil Belajar
a. Teknik
Test : Test Tulis
b. Bentuk
Test : Test uraian dan observasi
c. Instumen
Test :
Test
tulis :
1. Indayang baosang
difinisi pidatone!
2. Indayang sambatang
kerangka pidartane !
3. Indayang sambatang
soroh pidartane manut tata carane maktayang !
4. Indayang nyurat indik
sane kebaosang ring purwakaning pidat!
Kunci Jawaban :
1. Pidato tegesipun bebaosan ngenenin sekancan
pariindik sane kawerang ring ajeng sang sareng akeh sane matetujon mangda napi
sane kapidartayang sida kapirengang, karesepang tur kalaksanayang antuk sang
miaragiang.
2. Kerangka pidarta pinika : purwaka,
daging,pamuput
3. Manut tata carane maktayang : Pidarta
kawacen,pidarta keapalang, pidarta
dadaka miwah pidarta ringkasan
4. Indik sane munggah ring purwakning pidarta :
pangastungkara, pangrastiti, pangayubagia .
Test Penugasan :
Indayang cutetang daging pidarta
sane kabligbagang
Rubrik/Pedoman
Penskoran test uraian
Soal
|
Skor
|
1. Indayang baosang difinisi
pidatone
|
10 Jika jawabannya benar dan lengkap
|
7-9
Jika jawabannya benar tapi tidak lengkap
|
|
4-6
Jika menjawab salah
|
|
0 Jika tidak menjawab
|
|
2. Indayang sambatang kerangka
pidartane !
|
10 Jika jawabannya benar dan lengkap
|
7-9
Jika jawabannya benar tapi tidak lengkap
|
|
4-6
Jika menjawab salah
|
|
0 Jika tidak menjawab
|
|
3.
Indayang sambatang soroh pidartane manut tata carane maktayang !
|
10 Jika jawabannya benar dan lengkap
|
7-9
Jika jawabannya benar tapi tidak lengkap
|
|
4-6
Jika menjawab salah
|
|
0 Jika tidak menjawab
|
|
4.
Indayang nyurat indik sane kebaosang ring purwakaning pidat!
|
10 Jika jawabannya benar dan lengkap
|
7-9
Jika jawabannya benar tapi tidak lengkap
|
|
4-6
Jika menjawab salah
|
|
0 Jika tidak menjawab
|
Nilai = Jumlah Skor Maksimal
Jumlah Soal
Penilaian
Produk
Portofolio
No
|
Nama Siswa
|
Kelengkapan
Materi
(25)
|
Ketepatan Ejaan
(25)
|
Teknik Penulisan
(25)
|
KetepatanSor
Singgih Basa
(25)
|
Skor
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian Sikap dalam proses pembelajaran
Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggung jawab
|
Pro aktif
|
Santun
|
||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LAMPIRAN
Lembar Pengamatan
LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran
:..................................................................................................
Kelas/Semester:....................................................................................................
Tahun Ajaran :....................................................................................................
Waktu Pengamatan:
............................................................................................
Sikap yang
diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, tanggung jawab, pro aktif dan santun.
Indikator perkembangan sikap perilaku
religius, tanggung jawab, pro aktif dan
santun.
1.
BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas
2.
MT (mulai tampak) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.
MB (mulai
berkembang) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.
MK (membudaya) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten.
Kepala Sekolah SMA/SMK... Guru Mata
Pelajaran Bahasa Bali
(.........................................) (............................................)
NIP NIP
lebihh banyak donk kak ...
BalasHapus